Wednesday 9 September 2015

Cara Mengalihkan Domain blogspot.co.id Menjadi blogspot.com




Sekitar tanggal 3 September lalu saya sempat dibuat kaget dengan adanya berita tentang redirect blogspot.com ke blogspot.co.id dari grup - grup blogger yang ada di facebook. Sebenarnya memang sih, redirect tersebut buah dari perayaan digantinya logo google yang lama dengan yang baru. Tapi bukan domainnya yang saya permasalahkan, melainkan imbas dari redirect tersebut. Contohnya alexa yang semula ramping langsung menggembung, juga pageviews adsense berkurang 80% dan ya jujur itu langsung membuat saya panik karena takutnya saya dikeluarkan dari program Google Adsense.
Tapi anehnya setelah saya cek di blog ternyata iklan masih tapil seperti biasa jadi saya pikir semua  akan kembali normal dalam beberapa hari. Back To Topic, sebenarnya ada sih cara untuk meredirect kembali domain co.id ke com tapi cara tersebut belum teruji aman atau tidak penggunaannya dalam blogger jadi saya belum bisa menyarankan untuk menggunakannya jadi ya jika ingin tetap menggunakannya silahkan diikuti langkah berikut :


  • Pertama masuk ke blogger seperti biasa
  • Masuk ke menu Template lalu Edit HTML
  • Tekan CTRL + F lalu cari kode <head> lalu pasang kode berikut dibawahnya
<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>

  • Atau kamu juga bisa memasukkan kode ini tepat dibawah kode <head>
<script type="text/javascript">
 var blog = document.location.hostname.split(".");
 if (blog[blog.length - 1] != "com") {
 var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
 window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>

  • Terakhir tinggal Save Template

Oke Mungkin cuman segitu ya
sampai jumpa lain waktu :)

0 komentar

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan sopan
2.Jangan gunakan link aktif
3.Berkomentar yang relevan