Saturday 11 April 2015

Gawat !!! Waktu Akan Bertambah 1 Detik pada Juni 2015



Sekedar Info - Waktu, adalah suatu hal yang lebih berharga dibandingkan dengan emas. Mengapa Demikian ? Itu karena waktu terus melaju dan tak bisa diputar ulang. Banyak usaha dan biaya yang telah digelontorkan demi bisa menjelajahi waktu. Tapi sayangnya Semua itu sia - sia saja. Coba bayangkan kalau kamu bisa memutar balikkan waktu. Pasti tak akan ada lagi kata menyesal dalam kamus hidup manusia karena semua aktivitas bisa kembali diulang.

Berhubungan dengan waktu. Apakah kalian sudah tau waktu pada tahun ini akan ditambah 1 detik ? dipaparkan oleh ilmuwan dari International Earth Rotation and Reference Systems Service bahwa hal tersebut dilakukan untuk memastikan waktu pada Jam Atom tetap sesuai dengan waktu rotasi bumi.

Spoiler Jam Atom

Perlu kalian ketahui kalau Jam Atom selalu melambat 1 per 2000 detik setiap harinya. Itu sebabnya tahun ini harus diberi tambahan 1 detik tambahan atau bisa disebut tahun kabisat ( leap second ) supaya jam atom tetap bergerak sinkron. Secara biologi perputaran bumi ( rotasi )nya makin melambat. Nah untuk solusinya, para ilmuwan memutuskan untuk menambahkan 1 detik pada pertengahan tahun ini yaitu bulan Juni tanggal 30 tahun 2015.

Meskipun cuma bertambah 1 detik, tetap saja tak bisa dianggap sepele. Akan ada banyak masalah yang timbul nantinya. Ini juga akan menyebabkan masalah pada sistem komputer berbagai situs / tempat penting. Sebut saja situs media sosial Facebook, Reddit, dan LinkedIn. Kemungkinan besar situs tersebut akan mengalami gangguan selama beberapa menit atau jam. Lumayan parah juga ya :3

Hal tersebut dapat terjadi karena selama tahun kabisat jam pada komputer server akan tetap bergerak selama 60 detik. Akibatnya komputer akan menganggapnya  sebagai kesalahan sistem, beban berat pun akhirnya akan dialami oleh CPU dan akan menyebabkan error.

Berbeda dengan Google. Mesin pencari raksasa tersebut telah menambahkan beberapa milidetik kepada servernya setiap tahunnya. Jadi tak masalah jika terjadi pertambahan waktu selama 1 detik. Itu semua guna menghindari masalah pada web google yang pernah terjadi pada beberapa tahun yang lalu. Server google pernah error selama 5 menit dan menyebabkan hampir sebesar 75% traffic internet menurun. Bayangkan saja kalau error selama 1 jam.

Dan bersiap saja, karena saat penghujung bulan Juni nanti. Pada pukul 23:59:59 tidak akan langsung berubah ke 00:00:00 melainkan ke 23:59:60 dahulu baru ke 00:00:00. Makanya, hargailah waktumu sebelum kau kehabisan waktu.

Jam Terus Berjalan

Did You Know ?
Peristiwa penambahan detik ini bukanlah yang pertama kali. Melainkan, ini adalah Kali ke - 26. Detik kabisat ditambahkan pada kalender kita sejak 1972.

0 komentar

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan sopan
2.Jangan gunakan link aktif
3.Berkomentar yang relevan