Friday 20 May 2016

5 Hal yang Membuat Smartphone Boros Kuota Internet



Sekedar Info - Di zaman yang makin berkembang ini siapa sih yg nggak kenal dengan yang namanya smartphone? Alat komunikasi yang besifat adiktif  ini memiliki banyak fasilitas yang dapat memanjakan penggunanya. Tak ayal benda kecil ini banyak dimiliki oleh orang dewasa, remaja, bahkan anak kecil sekalipun.

Tapi bila sedang membicarakan smartphone, kita tak akan lepas dengan namanya internet. Yap, hal ini dikarenakan banyak aplikasi di smartphone yang banyak membutuhkan asupan internet. Mulai dari aplikasi messenger, game online, hingga pembaharuan aplikasi. Hal ini tentu membuat pengeluaran kuota internet jadi lebih boros. Ditambah makin mahalnya harga kuota intenet di pasaran. Jadi untuk mencegah membengkaknya anggaran belanja bulanan berikut Sekedar Info sediakan 5 Hal yang Membuat Smartphone Boros Kuota :


1. Streaming

Streaming dalam ini bisa dalam berbagai hal seperti  film biru, musik, video, dan teman-teman. Dengan terlalu banyak melakukan streaming maka sama saja kita boros kuota. Karena bukan hanya durasi konten saja yang menjadi faktor besarnya tagihan internet, melainkan juga kualitas video, ukuran gambar, dan kejernihan suara juga mempengaruhi jumlah kuota internet yg dibutuhkan. So, mulai sekarang berhentilah streaming dan mulailah men-download ...

2. Hotspot Portable
Dalam Smartphone terdapat sebuah layanan yang cukup berguna bernama Hotspot Portable. Menggunakan hotspot portable memiliki banyak kelebihan dan kekurangan diantaranya :
Kelebihan
- Mempercepat koneksi internet
- Mempercepat koneksi data saat download
- Tak perlu repot dengan modem
- Bisa digunakan untuk bagi bagi rezeki :v ( optional )
Kekurangan
- Mempercepat habisnya kuota ( karena semua bandwith internet dikerahkan untuk layanan ini )
- Membuat baterai cepat habis
- Membuat hardware cepat panas
- Merusak hubungan cinta kita berdua :') ( optional )


3. Game Online

Seperti yang saya sebutkan diatas game online juga cukup banyak menyebabkan pemborosan kuota internet. Coba saja pikir kalau streaming film yang hanya menampilkan gambar dan suara saja sudah cukup menghabiskan banyak kuota maka bayangkan yang bisa dilakukan oleh game online. Mulai grafik yang apik, tampilan yang bisa dizoom, efek suara, sampai rendering pun itu butuh internet brow ! Dan coba tebak darimana data internet itu didapat ...

4. Notification

Notif di SmartPhone bisa datang dari mana saja misalnya operator, pembaharuan, app lain, dan kamu ... iya kamu :* ( kidding ) . Dan hal ini akan diperparah jika data seluler diaktifkan. Kalau kamu nggak percaya coba aja tinggalkan SmartPhone kamu dalam keadaan data aktif selama satu jam dan lihat apa yang terjadi kemudian. Banyak kan? Kalian kira kira tahu nggak sih berapa banyak jumlah data internet untuk pembaharuan notifikasi selama satu jam? Hmm, jadi mulai sekarang hidup hemat dengan mengaktifkan internet seperlunya saja ya :).

5. Website Bergambar

Website bergambar seperti 1CAK, Instagram, dan Flickr juga cukup berperan dalam pemborosan kuota intenet. Pasalnya data yang diperlukan untuk meload web bergambar dan hanya sekedar teks sangat terlampau jauh. Tentunya sudah jelas bila browsing ke web-web seperti ini tidak dikendalikan akan menyebabkan pemborosan data internet.




#GifOfTheDay

0 komentar

Post a Comment

1.Berkomentarlah dengan sopan
2.Jangan gunakan link aktif
3.Berkomentar yang relevan