Thursday 16 April 2015

Beberapa Tips Berbelanja Online Di Internet


Sekedar Info - Berbelanja, Apakah kira - kira yang akan muncul di benak kalian saat mendengar kalimat tersebut ? Lama, Males, Tawar - Menawar, Janji Palsu, Pasar, dan sebagainya. Mungkin itu yang akan keluar di benak kalian saat memikirkan kata Belanja. Tapi bagi yang hasil pemikirannya berbeda, ya berarti kita bukan jodoh :v

Oke back to TKP topic. Memang sih ane akui kalau belanja itu perlu perjuangan. Rata - rata orang malas berbelanja karena alasan pasar / minimarket jauh atau nggak punya uang cash. Nah, seiring dengan berkembangnya teknologi internet. Kini alasan itu sudah mulai tergerus oleh zaman. Karena hanya dengan koneksi Internet kini kamu bisa membeli barang baru / sekon dengan modal klik....klik....klik.

Meskipun begitu, saya tidak mengatakan kalo berbelanja online tidak membutuhkan uang. Cuma caranya saja yang dipersingkat dan dipermudah. Tentunya itu semua hanya untuk kenyamanan konsumen. Memang benar belanja melalui Toko Online bisa dijadikan solusi bagi kalian yang super sibuk. Tapi, jika kalian tidak teliti dalam memilih Toko Online yang ada malah akan menjadi petaka buatmu.

Yang tadinya mau untung, eh malah jadinya buntung. Ingat !!! Menyesal selalu datang diakhir, jadi sebelum menyesal ada baiknya kalian mengetahui Beberapa Tips Berbelanja Online Di Internet.
Yuk Disimak :


1. Pastikan Kredibilitas Website 

Kalau ini tidak perlu dipertanyakan lagi wajib atau tidak, karena jawabannya pastilah wajib. Kamu harus memastikan apakah website yang nantinya akan kamu gunakan dalam bertransakasi aman dan dapat dipercaya. Sebagai pencegahan, ada baiknya kamu melakukan transaksi di web Toko online yang sdudah terkenal seperti Tokopedia, Toko Bagus, Berniaga, dll. Atau kamu bisa mencari informasi tentang kredeibiltas website tersebut dengan mencari testimoninya di Google.

2. Jangan Pernah Tergiur Dengan Harga Murah

Tidak cuma di pasar saja harga miring bisa didapatkan, pada toko online juga terkadang kamu bisa menemukan barang dengan harga sangat miring. Alasan yang sering kali diberikan adalah Promo atau Diskon. Tapi Jangan cepat tergiur dengan harga " aneh " tersebut, karena bisa saja si penjual ingin menipu kalian.

Untuk langkah pencegahannya, kamu bisa mencari kisaran harga pasar dari barang yang ingin kamu beli tersebut dengan melakukan searching di internet. Jika harganya masih masuk akal maka ungkin barang tersebut aman untuk dibeli. Tapi, jika harganya sudah tidak masuk akal sebaiknya kalian mengurungan niat untuk membeli di situs tersebut.

3. Baca Deskripsi Produk

Sebagai konsumen yang pintar kalian harus mengetahui informasi yang berhubungan dengan produk yang ingin kamu beli. Jangan sampai saat kalian memesan product Laptop yang datang malah berupa Lap dan Top. Kamu bisa melakukan chat dengan pihak penjual untuk mengetahui kondisi barang lebih lanjut. Gunakan juga fitur kirim pesan yang sudah tersedia di situs tersebut. Ingat !!! Mencegah lebih baik daripada mengobati.


4. Kredibilitas Penjual

Kredibilitas penjual tak kalah juga dengan kredibiltas situs. Karena walau situs sudah terbukti tingkat keamanan dan kepercayaannya semua itu akan percuma jika penjualnya tipu - tipu. Kamu bisa menilai kredibiltas penjual tersebut dari testimonial atau review konsumen yang pernah bertransaksi dengannya. Kalau  reviewnya positif maka kamu bisa betransaksi dengannya. Kalau hasil reviewnya negatif tinggalkan saja dia.

5. Periksa Data

Setelah kamu selesai melakukan order dan pembayran maka kamu akan dibawa ke sebuah page dengan form yang harus kamu isi dengan data diri kamu. Seperti Nama, Alamat Rumah, Kode Pos, No. Telp, dll. Isi dengan teliti form tersebut, karena jika kamu membuat kesalahan secuil saja maka dijamin barang pesanan tak akan pernah sampai.

1 komentar:

  1. makasih masukan tips nya gan , sangat membantu buat sayaa , yang kadang'' sering juga belanja lewat online

    ReplyDelete

1.Berkomentarlah dengan sopan
2.Jangan gunakan link aktif
3.Berkomentar yang relevan